JUKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK SEKOLAH DASAR TAHUN 2016


JUKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK SEKOLAH DASAR TAHUN 2016

Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat mempengaruhi dunia pendidikan dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK), menjadi elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta fasilitas pendukung bagi kegiatan di berbagai sektor kehidupan termasuk diantaranya sektor pendidikan.
JUKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK SEKOLAH DASAR TAHUN 2016

SD sebagai basic education bertugas menyiapkan peserta didik untuk jenjang pendidikan selanjutnya dan penggunaan sarana pembelajaran berbasis TIK akan membantu proses tersebut.

Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar memberikan bantuan sarana pembelajaran berbasis TIK untuk SD. Tujuan pemberian bantuan ini adalah :
  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan di SD
  • Menyediakan peralatan pendidikan berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di SD, dan
  • Melengkapi peralatan pendidikan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di SD.


Bantuan ini diberikan kepada SD negeri maupun swasta yang memenuhi persyaratan. Adapun persyaratan SD penerima bantuan ini adalah :
  • Memiliki izin operasional dan terakreditas
  • Memiliki jaringan listrik
  • Sekolah berdiri diatas lahan yang tidak bermasalah/tidak sedang dalam sengketa dan milik sendiri (milik Pemerintah atau Pemerintah Daerah, milik Badan Penyelenggara bagi SD swasta)
  • Memiliki minimal 6 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik minimal 120, kecuali untuk daerah 3T jumlah peserta didik minimal 60.
  • Memiliki kepala sekolah yang definitif, dibuktikan dengan surat keputusan yang sah dan masih berlaku.
  • Memiliki Komite Sekolah yang ditetapkan dengan surat Keputusan Kepala Sekolah;
  • Belum memiliki sarana pembelajaran TIK secara lengkap, dan
  • Belum pernah menerima bantuan sejenis dari APBN/APBD (APBD Provinsi, APBD Kabupaten/Kota, DAK) mulai tahun 2013 s.d 2016.



Bantuan sarana pembelajaran berbasis TIK tahun 2016 ini berupa :
  • 4 unit laptop lengkap dengan sistem operasi, aplikasi perkantoran dan aplikasi pembelajaran.
  • 2 unit proyektor
  • 1 unit printer multifungsi
  • 2 unit Modem Router WIFI
  • 4 unit Speaker Aktif


Dengan adanya bantuan sarana pembelajaran berbasis TIK ini diharapkan semakin banyak SD yang menerapkan TIK di SD dalam pembelajaran di kelas. Penerapan sarana pembelajaran berbasis TIK di sekolah dasar (SD) menjadi suatu kebutuhan, karena TIK dapat digunakan oleh guru untuk berinteraksi dengan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu dapat membantu peserta didik untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, saling tukar informasi positif secara efisien efektif sekaligus mengembangkan bakat serta kreatifitas peserta didik. Sehingga penerapan pembelajaran berbasis TIK yang memadai akan mendorong peningkatan mutu pendidikan di SD.

Untuk memfasilitasi bantuan tersebut disusun Petunjuk Teknis (JUKNIS) Bantuan Sarana Pembelajaran berbasis TIK di SD sebagai pedoman bagi pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Silakan download Juknis Lengkapnya dari link yang tersedia di bawah.

Download Juga File-File di bawah ini :



merupakan file yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah, bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah Kita, lihat juga file-file perangkat administrasi guru dan sekolah yang bisa di download di bawah ini :

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Demikian Informasinya tentang JUKNIS BANTUAN SARANA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK SEKOLAH DASAR TAHUN 2016, Admin Info Guru berharap , semua postingan dan File-File yang Info Guru bagikan ini bisa melengkapi semua Administrasi Sekolahnya Juga Dapat Memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi dan Referensi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tulus agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan tugas dan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "
     

    Unduh File Guru

    Unduh File Free