Monday, February 8, 2016

Contoh PTK Untuk Sekolah Dasar (SD) Lengkap

Contoh  PTK Untuk Sekolah Dasar (SD) Lengkap

Download Contoh  PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) Untuk Sekolah Dasar

Contoh  PTK Untuk Sekolah Dasar (SD) Lengkap - Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 18 tahun 2007 menyatakan bahwa sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik. Uji kompetensi tersebut dilakukan dalam bentuk penilaian portofolio yang merupakan pengakuan atas pengalaman profesional guru dalam bentuk penilaian terhadap kumpulan dokumen yang mencerminkan kompetensi guru. Salah satu komponen penilaian tersebut adalah karya pengembangan profesi. Dalam panduan penyusunan portofolio untuk sertifikasi guru yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional (dalam Suhardjono, 2006) dikatakan bahwa karya pengembangan profesi yaitu suatu karya yang menunjukkan adanya upaya dan hasil pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru. Salah satu komponennya adalah laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) baik secara individu maupun kelompok.

Dalam PTK guru dapat meneliti secara mandiri atau bersama dengan tenaga ke pendidikan yang lain (secara kolaboratif) terhadap proses dan produk pembelajaran secara reflektif di kelas. Dengan PTK, guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran agar lebih efektif. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Alasannya, setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah cocok dengan teori belajar mengajar dan dapat diterapkan dengan baik di kelasnya. 

Melalui PTK guru dapat mengadaptasi teori yang ada untuk kepentingan proses dan produk pembelajaran agar lebih efektif dan optimal.

Silahkan download filenya di link atau tautan di bawah ini .
Download File :

Penelitian Tindakan Kelas SD


No SPAM, Please! Live link will not be published.